Fitur Baru Google Meet, Bisa Lihat Peserta Rapat Online Yang Telat Join.
3 Juli, 2022 oleh
Fitur Baru Google Meet, Bisa Lihat Peserta Rapat Online Yang Telat Join.
PT. Witech Inovasi Indonesia, Tulus

Setelah melebur Google Meet dan Duo, Google merilis fitur baru untuk aplikasi video conference Google Meet. Fitur ini memungkinkan pengirim undangan rapat untuk melihat siapa saja anggota yang sudah diundang tetapi belum hadir atau terlambat masuk ruang rapat online.

Nantinya fitur ini akan muncul di bawah nama tamu undangan yang belum hadir dengan tulisan “Also Invited”, nama peserta tersebut sudah diundang ke rapat, tetapi belum hadir. Google sendiri rencananya akan memasukkan fitur ini secara bertahap, setidaknya hingga dua minggu ke depan. 

Baca juga: Google Melebur Meet dan Duo Jadi Satu. 

Selain itu, Google juga akan menambahkan fitur untuk menampilkan siapa saja peserta undangan rapat yang sudah memiliki status RSVP. Fitur ini mempermudah pengirim undangan untuk mengetahui siapa saja peserta rapat yang kehadirannya dianggap “opsional”. 

Peserta rapat yang berstatus RSVP adalah peserta yang diberi undangan melalui Google Calender. Undangan tersebut akan memberi opsi peserta yang diundang untuk memilih apakah dapat menghadiri pertemuan atau tidak. Jika dibandingkan dengan sebelumnya, status tamu RSVP hanya dapat diakses melalui Google Calender. Pengirim undangan harus mengecek siapa saja peserta yang dapat/tidak menghadiri acara tersebut.

Baca Juga : Google dkk Ada Kemungkinan Diblokir 20 Juli 2022, Kenapa?

Selain itu, untuk mempermudah pengecekan kehadiran peserta rapat, Google Meets juga terintegrasi dengan "Chat". Sehingga, pengundang rapat bisa menghubungi peserta yang diundang apabila mereka belum hadir. 

Fitur ini dirilis Google untuk menghemat waktu rapat acara agar semua hal bisa dilakukan dalam satu tab saja. Pengirim undangan tidak perlu repot-repot mencari cara lain untuk mencari kontak tamu undangan dengan membuka tab baru. 

Baca Juga : Google Hangout Bakal Pensiun Bulan November 2022

Ke depannya, fitur ini akan hadir di Google Workspace sebagai fitur bawaan. Google berharap fitur ini memudahkan pengguna untuk memulai rapat secara efisien dengan menentukan dengan cepat siapa yang belum bergabung, serta mengirimkan notifikasi kepada mereka melalui fitur Chat langsung dari Google Meet.

sumber : kompas/tekno

di dalam Berita
Share post ini
Tag
Arsip