Odoo Plantation Management, Cara Canggih Kelola Perkebunan!
20 February, 2023 by
Odoo Plantation Management, Cara Canggih Kelola Perkebunan!
Marketing


Dalam era modern saat ini, perkembangan Teknologi juga mendorong perusahaan bisnis kelapa sawit menggunakan sebuah teknologi yang dapat memperlancar usaha serta meningkatkan efisiensi dan efektifitas bisnis karna mengelola perkebunan tidak hanya sekadar menanam, memupuk, lalu memanen. Di dalamnya terdapat aktivitas yang lebih kompleks dari itu seperti mengelola lahan, mengawasi proses produksi, mengatur keuangan, dan lain sebagainya. 

Menjalankan bisnis ini akan selalu menimbulkan banyak hambatan dan tantangan di kemudian hari, dan Anda tak bisa memprediksi kapan Anda akan melakukan kesalahan dalam pengambilan keputusan. Tak terbayang bila Anda masih mengelolanya secara konvensional tanpa bantuan teknologi.

Baca juga: ini dia aplikasi yang membantu bisnis perkebunan kelapa sawit!

PT Witech Inovasi Indonesia hadir dengan menawarkan teknologi Odoo ERP dengan modul dan aplikasi manajemen kebun sebagai solusi efektif dan efisien dalam mengelola perkebunan. Bukan hanya mempermudah dalam mengatasi tantangan bisnis dan pengambilan keputusan, tetapi juga berpotensi untuk meningkatkan seluruh aspek operasional. 

Aplikasi manajemen perkebunan yang terdapat di Odoo saat ini terdiri atas beberapa modul terpisah namun saling terintegrasi yaitu terdiri dari modul plantation, modul workshop, modul pabrik. Selain itu, ada aplikasi pendukung yang juga terhubung ke Odoo yaitu Aplikasi Mobile Witech Palm Plantation Management (WPM) dan Aplikasi Witech Weight Bridge.

1. Modul Plantation

Modul ini bertujuan untuk mengelola operasional perkebunan dengan cerdas  seluruh kebutuhan  perkebunan secara lengkap mulai dari proses pembibitan hingga panen.

2. Modul Workshop

Modul ini mengelola Kegiatan Perbaikan Kendaraan dan alat alat berat.

3. Modul Pabrik

Pada modul ini berisi manajemen kelola pabrik pengolahan minyak kelapa sawit. Setiap proses akan terdata secara otomatis di aplikasi odoo dan realtime.

4. Aplikasi Mobile Witech Palm Plantation Management (WPM)

Aplikasi mobile berbasis android yang dapat digunakan secara offline (tanpa jaringan internet) membantu para karyawan dalam melaksanakan kegiatan di area kebun yang sering sekali tidak mendapatkan layanan jaringan telepon seluler/internet.

Seluruh data yang diproses secara offline akan tersimpan pada penyimpanan internal perangkat, lalu akan di upload ke sistem Odoo ketika perangkat sudah mendapatkan koneksi internet.

5. Aplikasi Witech Weight Bridge

Aplikasi berbasis web yang dikembangkan untuk membantu kegiatan timbangan yang dilakukan di lingkungan pabrik. Aplikasi timbangan ini secara sempurna telah terkoneksi dengan merek-merek jembatan timbangan yang umum beredar untuk keperluan pabrik ataupun perkebunan.

Aplikasi timbangan secara otomatis akan terhubung dan terintegerasi dengan sistem ERP Odoo Enterprise.

Pilihan waktu untuk pull atau push data dari aplikasi timbangan dapat disesuaikan dengan kondisi dilapangan untuk mencapai kinerja paling maksimal dalam penggunaannya.

Pengelolaan secara otomatis ini memungkinkan untuk memiliki lebih banyak waktu luang dan menghemat tenaga. Terutama, mempermudah jajaran direksi untuk mengontrol tiap divisi dalam kegiatan perusahaan, perkebunan kelapa sawit yang luasnya mencapai ribuan hektare yang mempersulit akses data dan informasi. Sebagai contoh, perusahaan dapat mengawasi kegiatan pemupukan apakah sudah berjalan baik atau tidak setiap hari.

Odoo Plantation management, sudah diimplementasikan di beberapa perusahaan yang tersebar di indonesia, pengguna untuk aplikasi tersebut juga terus meningkat mengingat keberhasilan penggunaan di beberapa perusahaan. 

sumber: witech/mkt

in Odoo
Share post
Tags
Archive